468x60 Ads

Minggu, 03 Juni 2012

KLASIFIKASI BERDASRKAN GERAKAN PERSENDIAN

  1. Persendiansinovial (persendian yang sejati) dapatmelakukangerakan-gerakanberikut: luncuran (sliding), fleksiataubengkokan (flexion), ekstensidanhiperekstensiataurentangan (sxtensiondan hyperextension), rotasi, aduksi (adduction), abduksi (abduction), dansirkumduksi (circumduction)
    Gerakanluncur(gliding atau sliding) terjadiantarapermukaan yang berhadapandalampersendianartrodial.
    Fleksimenunjukkangerakandibidangsegital yang cenderunguntukmengurangisudutantarasegmen-segmen yang menyusunsendiitu. Karpus (lutut) seekorkudaharuslahdibengkokkanapabila kaki depanakandiangkatuntukmemotongkukunya.
    Ekstensiataurentanganadalahkebalikandarifleksi, yaitumenunjukkangerakanpadabidangsagital yang cenderungmemperbesarsudutantarasegmen-segmen yang membentuksendiitu.
  2. Hiperekstensiberartigerakan yang memperbesarsudutantarasegmenpenyusunsendisampailebihdari 180 derajatataumencapaigaris lulus. Dalambeberapahalhiperakstensijugadisebutfleksi dorsal. Persendianpada kaki kuda yang terletaktepatdiatas kuku dalamposisiberdiri normal mengalamihiperekstensi.
    Rotasiterdiriatasgerakanpemutaransuatusegmendisekitarsumbunya. Pemutarankepaladarisatusisikesisi yang lain (menggelengkankepala) merupakancontoh yang tepatuntukgerakanrotasi.
    Aduksimenunjukkangerakansuatuekstremitaskearahbidang median, sedangkanabduksimenunjukkangerakanekstremitastersebutmenjauhibidang median.
  3. Sirkumduksimerupakankombinasigerakan-gerakan yang telahdiuraikandiatas (kecualirotasi). Gerakaninididefinisikansebagaigerakandimanaekstremitasdigambarkansebagaititikpuncaksedangkanujungdistalnyamerupakansuatulingkaransehinggaterkesanbentukkerucut. Seekorkuda yang sedangmelakukangerakan paddle, adalahsalahsatucontohnya.
    Pronasi (pronation) adalahgerakan yang cenderunguntukmerotasikansuatuekstremitassehinggabagian dorsal terangkat. Supinasi(supination) adalahgerakan yang cenderungmerotasikanekstremitassehinggaaspekpalmar (volar) atau plantar dari kaki terangkatkeatas. Pronasidansupinasitermasukgerakan yang jarangterlihatpadaternak.
  4. Jenis-jenisPersediaanSinovial
    Persediansinovial (diartroidal) diklasifikasikanmenurutjenispermukaanpersendiandangerakan-gerakan yang mungkindihasilkan. Persediaansederhanamenyangkuthanyaduatulang yang diartikulasikan, sedangkansebaliknyapersendianmajemukmenyangkutlebihdariduatulangdalamkapsul yang sama. Jenis-jenispersendiansinovial yang umumterdaptpadaberbagaijenisternak, meliputipersendianginglimus, artrodial, trokoid, dansferoid (enartroidal). Jenis-jenislainnya, yang khususnyaterdapatpadaanjingadalahpersendiankondiloid, elipsoiddanpersendiansadel.
    Persendianginglimus(engsel) bergerakhanyapadabidangsagital. Gerakan-gerakan yang mungkindilakukanialahberupafleksi, ekstensi, dandibeberapasendi, jugagerakanhiperekstensi. Sendi fetlock (letaknyadiatas kuku) merupakansuatucontohuntukjenisginglimus.
  5. Persendianartrodialhanyamemilikigerakanluncuranringanantarapermukaan-permukaan yang relatif rata. Permukaanitudisebutfaset. Contohnyaialahpersendianantaraduatulangkarpal yang berdekatan.
    Persendiantrokoid (pivut) adalahpersendiandengangerakan yang ritasinyaterjadidisekitarsumbu. Persendianatlanto-aksialadalahsatu-satunyacontohuntukjenistrokoidpadaternak.
    Persendiansferoid (enartroidal) memungkinkanadanyagerakanhampirkesemuajurusan. Dalampersendianinisuatubulatanpadaujungtulang, masukkedalamsuatubentuklubang (mangkuk) darisegmenlainnya. Flaksi, ekstensi, aduksi, abduksi, rotasidansirkumduksiadalahgerakan-gerakan yang dapatdihasilkanolehpersendianenartrodial. Sendikokso-femoral (paha) merupakancontoh yang baikdarijenisenartrodial.
  6. Dalampersendiankondilar, kondilartikularkonveksmelakukanartikulardenganbeberapapermukaanartikularkonkaf. Contohnyaialahpersendiantemporomandibulardanpersendianstifel (sendidiatas kuku). Inimenyerupaisendiengsel (ginglimus), akantetapimemungkinkanterjadinyalebihbanyakgerakanlagi.
    Persendianelipsoidmempunyaipermukaansendi yang diperluaskesalahsatujurusan, hinggamembentuelips. Persendianantaraujung distal daritulang radius danbarisproksimaldaritulangkarpaladalahjenispersendianelipsoid. Padaternak, persendianinidisebutjugapersendianginglimusatauengsel. Di sampingitu, padaanjingada pula beberapagerakan lateral.
    Persendianpelana (seddle joint) memilikipermukaan yang menyerupaisuatupelana yang datar (sadelInggris). Inimemungkinkansemuajenisgerakankecualirotasi. Persendiankarpo-metakarpaldariibujarimanusiamerupakancontoh. Akantetapi, persendian inter-falangealpadaanjingseringkalijugadigolongkankedalamsendipelana (sadel).
  7. PERSENDIAN RANGKA AKSIAL
    Sendi-sendipadatengkorakterutamaadalahjenissutura, yitutulang-tulang yang berdekatandipersatukanolehjaringanfibrosa. Padaumurdewasa (tua), terjadiosifikasihinggamenjadisebuahtulang yang utuh. Fontenal (daerahlunak) yang terdapatpadakepalabayi, adalahcontohuntukjaringanfibrosa yang mempersatukanbeberapatulang.
    Pengecualianuntuksendijenissuturapadatengkorakiniadalahsimfisisdarimandibulasertasinkondrisispadapertautantulangsfenoiddanoksipitalpadadasartengkorak.
    Persendianpertama yang dapatbergerakdalamkerangkaaksialialahsenditemporomandibularyaitusendiantaramandibula (tulangrahangbawah) dantulangtemporalispadatengkorak. Persendianiniterdiridariduapermukaansendi, satuterletakpadamandibuladansatunyalagipadatengkorak, dengansuatulempengankartilagoterletakdiantaranya (cakramartikularataumeniskus). Persendiantemporomandibularberfungsidengansendiengsel (ginglimus) apabilamulutdibukaatauditutup. Akantetapipersendianituakanberfungsiartrodial (luncuran), apabilarahangdigerakkandarisisikesisidanmajumundur, sepertikalau

  8. hewansedangmengunyahmakanan. Pesendiantemporomandibulardapatdigolongkansebagaipersendiankondilar.
    Persendiaatlanto-oksipitalantaratengkorak vertebra servikalpertama (leher) adalahsuatusendiengsel (ginglimus). Duakondil (pinggirankonveks) tulangtengkoraksesuaimasukkecekungan yang terletakdidalam atlas (vertebra servikalpertama). Satu-satunyagerakan yang mungkindilakukanadalahfleksidanekstensidalambidangsagitalmisalnyamengangguk.
    Rotasikepalaterjadihampirseluruhnyaantara atlas dansumbu. Suatupenjuluran yang menyerupaigigidariekstremitaskranial (disebut dens), menujuke foramen vertebral dari atlas, dengandisanggaolehligamentumanular yang kuat, memungkinkanterjadinyagerakanrotasi yang cukupberarti. Persendianaksial-atlantoadalahsuatucontohnyatauntukpersendian pivot, yaitusendi yang satusegmennyaberotasidisekitarsumbupanjangdarisumbu yang lain.
  9. Persendiansimfisial(persendianfibrokartilaginosaatauamfiartroidal) diantara vertebral yang berdekatandisepanjanglajur vertebral, tidakmemperlihatkangerakan yang berarti. Badan-badan vertebral yang berdekatandipersatukanolehsautucakram yang beratdarifibrokartilago yang cukupfleksibelsehinggamemungkinkanpembengkokankesemuajurusan, ataubahkangerakanmenuntir. Fibrokartilagotersebutmemilikipusat yang lunakdandisebutnukleuspulposus. Nukleusiniapabiladalamkeadaan abnormal menjulurmelaluianulus fibrous kedalamsalurn spinal danmenimbulkantekananpadakorbaspinalis. Keadaan yang menimbulkaniniberupacakramintervertebral yang pecah(ruptured intervertabraldisk = IVD). Keadaaninidapatmenyebabkantimbulnyaparalisisbagiantubuh yang terletakpadaarahkaudaldariarahcakram yang bersangkutan. Prosesusartikulardari vertebra yang berdekatanmemilikipermukaan yang rata danmembentuksendiartrodial.

  10. Permukaantersebutlebihluasdangerakannyalebihekstensifkearahkepala, menurunkedaerahtorasikdanlebihekstensiflagididaerahlumbal. Persendiandiantara vertebra sakralberfungsisecarasempurnadansakrummenjaditulangtunggaldengansegmen-segmendidekatnyamelaluisinostesa.
    Tulangrusukmelekatpadajalur vertebral denganduasendi yang terpisah. Satusendinyaadalah yang terletakantarakepalatulangrusukdansuatudepresi yang letaknyaantarabadan-badanduatulang vertebral torasik yang berdekatan. Satusendi yang lainnyaadalahantarafasetartikular yang berjarakdekatdarikepalatulangrusukdansuatufadetpadaprosesustransversus vertebra yang nomernyasamadenganrusuknya. Sendi yang pertamaadalahjenis pivot, sedangkan yang keduaadalahjenisartrodial.
  11. Ujung ventral daribeberapatulangrusukpertamasecaralangsungmenempelpadatulang dada (sternum) denganperantaraansuatubatangkartilago yang dikenaldengannamakartilagokostalis. Tulang-tulangrusukiniadalahtulangrusuksternalataurusuk yang asli (costal verae). Kartilagodaritulang-tulangrusukdibelakangnyamenempelpadakartilagokostalisdarirusukaslidandisebuttulangrusukasternalataurusukpalsu (costae spuriae). Rusuk-rusuk yang menggantungtidakmemilikiperlekatanbaiklangsungmaupuntidaklangsung. Apabilaseekorhewanmemilikisuatupasangtulangrusuktambahan, pasanganterakhirtersebutakanmenggantung.

0 komentar:

Posting Komentar