468x60 Ads

Minggu, 03 Juni 2012

KLASIFIKASI PERSENDIAN BERDASARKAN STRUKTUR

  1. Berdasarkanstruktursertabahan yang mempersatukannya, persendiandapatdiklasifikasikanmenjadipersendianfibrosa, persendiankartilaginosa, danpersendiansinovial. Klasifikasitersebutdapatdikombinasikansebagaiberikut:
    PersendianFibrosa
    Padapersendianjenisinitidakterdapatronggasendi, tetapitulang-tulangdipersatukanolehjaringanfibrosa.
    Persendiansindesmosisberartipersendiandenganjaringanfibrosa yang mempersatukan medium yang memungkinkanterjadinyapergerakankecil. Suatucontohpersendiansindesmosisialahpertautan normal antaratulang-tulang splint dan cannon, yang terdapatpadakuda.
    Persendian suture berartipertautanantaratulang-tulangtengkorak, yang dipersatukanolehjaringanfibrosapadaawalpertumbuhan, tetapidapatmengalamiasifikasisetelahdewasa.
  2. PersendianGomfosisberartiartikulasigigi yang terdapatdidalamrongga-nyayaitumandibeladanmaksila (yang jugapremaksilauntukhewannonruminansia).
    PersendianKartilaginosa
    Persendianinitidakmempunyaironggasendi. Tulang-tulangdipersatukanolehkartilago (tulangrawan).
    Persendiansinkondrisis(persendiankartilagohialin) adalahsuatupersendianyaangtakdapatbergerak, yang medium pemersatunyaberupakartilago. Suatucontohpersendiansinkondrosisadalahpersatuanantaradiafisisdanepifisisdaritulang yang masihmuda.
    Osifikasi yang normal darikartilagoepifisismenghasilkansuatufusitulang, yang disebutsinostosis.Fusitulangtersebutdapatjugaterjadidalamkeadaanpatologispadajenispersendian yang lain.
  3. Persendiansimfisis (fibrokartilaginosa), yaitupersendian-persendiandanalur median tertentu, dipersatukanolehcakrampipihdarifibrokartilago, seperti yang terdapatantaratulang-tulang pelvis yang berdekatan, danantarabadan-badan vertebra yang berdekatan.
    PersendianSinovial (Diartrodial)
    Strukturumumdarikebanyakanpersendiansinovialadalahsama, daninimencakup: permukaansrtikulasi, kartilagoartikular, ronggaartikular, kapsulpersendian, danligamentum.
    Permukaanartikularadalahsuataulapisankhususdaritulang yang kompakpadapermukaan-permukaanmengalamiartikulardengantulang-tulang yang lain.
    Kartilagoartikularadalahsuatulapisankartilagohialin yang menutupipermukaanartikular. Permukaanlainnyadaritulangditutupiolehperiosteum.

  4. Ronggaartilukaradalahsuaturonggapotensialantaratulang-tulang yang berdekatandandikelilingiolehkapsulpersendian.
    Kapsulpersendianterdiridaridualapisan. Lapisandalamdisebutmembransinovial, yaitu lapis lembut yang menyerupailenganbaju yang terdiridarijaringanikatkhusus. Lapisaninimerentangdaripinggirkartilagoartikulartulang-tulang yang berdekatan, akantetapitidakmenutupikartilagoartikulartersebut. Membranitumensekresicairansinovial (minyaksendi), yang dalamkeadaan normal bergunauntukmelumasipersendian. Permukaandalamdarimembransinovialdapatbertambahluasdenganadanyalipatan-lipatan (plicaesynoviale). Lipatan-lipataninidapatberisilemakdanmenjulurmasukkeronggasendi. Viliatau yang disebutjugavillisynoviales, adalahpenjuluran yang menyerupaijari-jari, kadang-kadangjugamenjulurkedalamronggasendi.
  5. Lapisansuperfisialdarikapsulpersendianadalahmebranfibros (ligamentumkapsular), danmenutupimembransinovial. Ligamentumkapsulardapatmenebalditempat-tempattertentu, membentukligamentumekstrakapsular (atauperiartikular), danmenghubungkantulang-tulang yang berdekatan, sertamembantumenstabilkanpersendian.
    Ligamentumdalamhubungannyadengansistemkerangkadanotot, adalahjaringanikat yang merentangdaritulangketulang. Namanyadidasarkanpadalokasinyadalamhubungannyadengankapsulpersendian. Lipatan-lipatanmembranserosaseperti yang terlihatpadarongga-ronggatorasik, abdominal dan pelvis, jugadisebutligamentumdandikaitkandenganrongga yang terdapatdirongga-rongga yang bersangkutan. Tendoadalahjaringanikat yang menghubungkanototdengantulang, danmerupakanperlekatanotot.
  6. Ligamentumintrakapsular(intra-artikular) terdapatdidalampersendiandandikelilingiolehkapsulpersendian. Contohnyaantara lain ialahligamentumkrusiatdaripersendianlututdanligamentum yang menahantulang tarsal dankarpalbersama-sama.
    Ligamentumekstra-kapsular (periartikular) terletakdiluarkapsulsendidanmencakupligamentumkolateral, dorsal, palmardananular. Ligamentumkolateralterletakpadasisi lateral dan medial suatupersendian. Ligamentum dorsal danpalmar (atau plantar) terletakdidepandandibelakangsuatusendi. Ligamentumanularmengelilingipersendian, danumumnyaserabut-serabutnyabergerakdalambentukmelingkarmengelilingipersendianuntukmenguatkandanmelindungikapsulpersendian.

0 komentar:

Posting Komentar